Malam Hari, Apa Namamu?


Apalah artinya sebuah nama? Bagi sebagian banyak orang, sangat berarti. Nama itu dibuat oleh orang tua dengan susah payah. Ada yang menghitung dari waktu kelahiran ditambah dengan sisipan nama titipan. Ada yang sengaja membeli setumpukan buku nama-nama baik untuk disematkan pada anaknya yang lahir kelak.

Sederhananya, tonton saja infotainment yang mengupas aktivitas artis yang hendak melahirkan (*hi hi..masih doyan tapi yang enggak gosip banget). Selain membeli kebutuhan bayi, mereka juga menyempatkan merangkaikan nama calon anak mereka. Namanya pasti yang indah dan bermakna, agar sang anak senantiasa bahagia, di bawah perlindungan Yang Maha Kuasa selalu, membahagiakan, dan membanggakan keluarganya. Walaupun terkadang nama itu mungkin saja terasa berat bagi sang anak. Seperti nama “Setiawan” yang artinya lelaki yang loyal dan tak berpaling alias setia, tidak selamanya seperti itu. Bisa disebut, dia tidak bisa mengendalikan kelakuannya seperti namanya.

Lain lagi ceritanya dengan para waria. Mereka memiliki nama sesuai dengan perputaran matahari dan bulan (*itu teoriku). Siang namanya Akbar, malamnya Anggi. Saat bernama Akbar dia berpakaian ala lelaki. Nah, ketika bernama Anggi, dia menyulap dirinya berpenampilan seperti wanita mulai dari make up sampai perangkat kewanitaan.

Dini hari tadi aku kembali bertemu mereka. Di antara para waria, mereka saling ledek nama kelahiran dan nama rekaan mereka. Anggi-Akbar, Ida-Adi, dan Nanda-Ade. Tampak lucu ketika nama-nama lelaki disebutkan. Ada yang tersinggung dan memilih mengucilkan diri. Bagi dia, takdir dia itu sebagai wanita, tapi jiwanya terperangkap di tubuh lelaki. Ada yang sengaja mengolok-olok nama mereka itu dengan mengeluarkan suara bak lelaki. Ada pula yang memperlihatkan kegagahannya. Ha ha!

Kendati begitu, aku tidak merasa takut dengan mereka karena mereka juga manusia. Sejujurnya, bercengkrama dengan mereka itu lebih mengasyikan. Saat aku bersama doi dan bertemu mereka, aku seperti bertingkah layaknya jagoan karena aku mesti melindungi doiku dari jamahan mereka. (*maklum, kalau lihat lelaki suka caper-cari perhatian).

Nah, sudah disiapkan nama malam kalian?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s