Perlu Ada Lilis Karlina …


Kemarin malam, ada seorang teman di facebook yang membuat sebuah grup. Dia mengajakku dan ku terima. Isinya soal “Polling Bakal Calon Bupati Karawang 2010-2015”. Ku pikir menarik juga, makanya aku terima dan kukirim ucapan terima kasih di wall-nya. Eh tiba-tiba, Aryagaluh, si pembuat grup menjawab, “Teteh juga adminnya loh”. Haduh, kok bisa gitu..puyeng deh..

Karena masih baru, tidak banyak yang menghuni group tersebut. Sekadar ikut berpartisipasi, aku mengirimkan ajakan pada teman-teman yang ada dalam daftarku, teman yang berasal dan tinggal di Karawang. Sesaat setelah ajakan itu ku kirimkan, tidak banyak yang merespon. Tak tahu apa alasannya.

Aku tidak menyerah. Aku pun mengajak beberapa pejabat Pemkab Karawang yang memiliki akun facebook untuk bergabung. Mereka menolak. Jawabannya tidak menyenangkan tapi lebih pasti. Mereka khawatir jabatannya terancam dicopot jika bergabung dalam grup itu. Mungkin mereka takut dianggap tidak loyal kepada bupati yang menjawab sekarang. Atau, mungkin juga mereka mengira grup itu mengajak mendukung seseorang, layaknya dukungan dari Facebookers untuk Prita Mulyasari dan Luna Maya. Menakutkan bagi mereka, gara-gara bergabung dalam akun grup dukungan mesti kehilangan jabatan.

Padahal grup itu justru untuk menampung, kira-kira bakal calon mana saja yang akan berlaga dalam Pemilu Kada mendatang. Kalau pun ada yang menyukai salah satu bakal calon yang ada dengan cara mengklik “like” pada foto yang diunggah, itu hak masing-masing.

Namun, sayangnya hingga kini belum banyak bakal calon yang muncul. Baru PDIP yang siap mencalonkan. Dimana yang lain? Mereka mungkin lebih banyak bermain bawah tanah, atau mungkin pikir-pikir isi saku buat modal nyalon.

Parpol-parpol yang ada masih banyak berdalih “tengah mensurvey”. Apa yang disurvey? Siapa yang disurvey? Ingat, tahapan Pilkada sebentar lagi dimulai, kenapa harus takut muncul sebagai pilihan bagi rakyat? Kalau di Sukabumi ada Ayu Azhari, di Karawang mungkin perlu ada Lilis Karlina, “si goyang karawang”. ®

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s