Why Man Loves Called Animal’s Name?


Jangan suruh aku berhitung, deh, berapa sering aku mendengar lelaki meneriakkan nama binatang. Binatang favorit yang sering disebut namanya adalah anjing. Kalau diperingkatkan anjing pasti menempati urutan pertama. Selanjutnya menyusul monyet dan babi.
Lebih sering nama-nama binatang itu disebutkan ketika lelaki kesal, kaget, dan marah. Tapi tidak jarang juga, nama binatang itu digunakan untuk memanggil lelaki lainnya. Dan, anehnya si lelaki yang dipanggil dengan nama binatang itu menyahutinya. Apa mungkin itu adalah panggilan kesayangan sesama lelaki?

Lalu, kenapa binatang anjing menempati peringkat pertama?

Anjing adalah mamalia karnivora yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkapkan sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama

Bukti baru mengungkap anjing pertama kali didomestikasi di Asia Timur, kemungkinan di Tiongkok. Manusia pertama yang menginjakkan kaki di Amerika Utara membawa serta anjing dari Asia. Penelitian genetika telah berhasil mengidentifikasi 14 ras anjing kuno. Di antaranya, Chow Chow, Sharpei, Akita, Shiba dan Basenji merupakan ras anjing yang tertua.

Anjing merupakan hewan sosial sama seperti halnya manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain. Anjing memiliki posisi unik dalam hubungan antarspesies. Kesetiaan dan pengabdian yang ditunjukkan anjing sangat mirip dengan konsep manusia tentang cinta dan persahabatan. Walaupun sudah merupakan naluri alami anjing sebagai hewan kelompok, pemilik anjing sangat menghargai kesetiaan dan pengabdian anjing dan menganggapnya sebagai anggota keluarga sendiri. Anjing kesayangan bahkan sering sampai diberi nama keluarga yang sama seperti nama pemiliknya. Sebaliknya, anjing menganggap manusia sebagai anggota kelompoknya. Anjing hanya sedikit membedakan kedudukan sang pemilik dengan rekan anjing yang masih satu kelompok, dan bahkan sering tidak membedakannya sama sekali.

Anjing pernah diklasifikasikan sebagai Canis familiaris oleh Linnaeus di tahun 1758. Tapi di tahun 1993, Lembaga Smithsonian dan Asosiasi Ahli Mamalian Amerika anjing ditetapkan sebagai subspesies serigala abu-abu Canis lupus. Di Indonesia, anjing hutan yang asli pulau Sumatra dan Jawa disebut Ajag.

Anjing adalah hewan sosial, tapi kepribadian dan tingkah laku anjing bisa berbeda-beda bergantung pada masing-masing ras. Selain itu, kepribadian dan tingkah laku anjing bergantung pada perlakuan yang diterima dari pemilik anjing dan orang-orang yang berkomunikasi dengan sang anjing. Anjing yang menerima kekerasan dari pemilik atau dengan sengaja dibuat kelaparan bisa menjadi anjing cepat marah dan berbahaya. Pemilik yang gagal mendidik anjing bisa menyebabkan tingkah laku anjing menjadi tidak normal. Tidak jarang, anjing yang kurang perhatian dari pemilik dan kurang pendidikan menjadi suka mengigit orang atau menyerang binatang-binatang lain.

Lalu, bagaimana dengan monyet? Apa relevansinya dengan panggilan kekesalan atau kesayangan para lelaki?

Monyet berbeda dengan kera meskipun berasal dari genus yang sama. Monyet berukuran lebih kecil dan memiliki ekor. Namun, monyet lebih pintar dari pada kera. Nyatanya, banyak monyet yang dimanfaatkan manusia untuk membantu pekerjaan manusia. Artinya, tugas monyet lebih banyak dari anjing.

Lepas dari asal-usul binatang dan kaitannya dengan lelaki, sebutan nama-nama binatang itu memang belum difahami benar kenapa sangat disukai kaum Adam itu. Satu yang pasti alasan mereka, “Enak aja nyebutnya”.

Gimana, ada yang punya alasan lain yang lebih logis? ®

Advertisements

One thought on “Why Man Loves Called Animal’s Name?

  1. Susan says:

    Quite interesting bout d finding,, also funny n so stupid 2 those who say d words as they don’t even know why they say d words..just follow others n good 4 snap..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s