Belanja Online? Ayo!!!


Hero, salah satu dorama dari negeri sakura yang amat memukauku. Dorama dengan peran utama Takuya Kimura itu memang gambaran jaksa sempurna. Kuryu Hide (Takuya) adalah seorang jaksa yang bertekad membela keadilan. Dia tergoda menjadi jaksa ketika ditolong oleh seorang jaksa, yang percaya dia memiliki alasan lain sehingga berkelahi dan melukai temannya.

Setelah menjadi jaksa, dia enggan menggunakan seragam karena ia yakin seragam itu tidak mampu mengekang idealismenya dari pengaruh luar yang mengkontaminasi rasa keadilan.  Dia pun tidak percaya sepenuhnya dengan berita acara pemeriksaan (BAP) dari polisi sehingga dia seringkali merekonstruksi sendiri perbuatan tersangka dan tak segan-segan mengubah dakwaan. Dia malah bisa meringkus pelaku yang sesungguhnya dari analisanya itu. Bahkan, dari sebuah kasus kecil terbongkarlah bahwa itu ternyata bagian dari konspirasi para petinggi  negeri.

Kesupelannya itu yang cenderung anomali, justru membuat dia lebih menarik. Dia memiliki hobi yang unik tapi boros, yaitu belanja online. Hobinya di luar pemeriksaan adalah menonton tv shop. Produk yang tidak penting sekalipun akan dia beli. Aku pun mulai keranjingan seperti dia, membeli produk secara online.

Pekerjaanku ini memang membuatku malas untuk menyengajakan diri belanja di luar. Rutinitasku tidak jauh dari kerja berkeliling (bukan tukang kredit), dilanjutkan mengetiknya dalam bentuk laporan. Itu artinya waktuku memang lebih lama berhadapan dengan internet. Kalau pun aku membutuhkan sesuatu, baru bisa hunting pada Sabtu. Itu pun kalau aku libur. Tapi kalau ada liputan mendesak dan mendadak, tak ada libur. Dan, agenda belanja baru terlaksana pekan selanjutnya. Kalau libur..

Aku mulai kecanduan seperti Kuryu sejak 2,5 tahun lalu. Awalnya aku membutuhkan kamera digital SLR dan aku butuh acuan untuk belanja. Aku pun disarankan beberapa orang teman membuka www.jpckemang.com. Di situs tersebut, aku mengecek harga kamera DSLR yang sesuai dengan budget. Setelah dapat yang cocok, Nikon D40X, ketika ada teman yang juga akan ke Kemang, Jakarta Selatan, aku ikut. Demikian pula ketika aku akan membeli lensa tele, cara yang sama aku lakukan. Belanja online belum berani aku lakukan saat itu.

Aku berani mencobanya ketika membutuhkan tas kamera backpack. Memang sulit kalau mencari di toko-toko, karena terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan hanya gaya. Googling, aku menemukan situs pembuat sekaligus penjual tas kamera yang cocok dengan kebutuhanku. Walau setelah dicek lokasinya di Bandung, kampung halaman, tetap saja sulit untuk datang karena tempat dinasku di Bekasi. Di www.usahaku.info, aku menemukan berbagai jenis tas. Pertama kali aku memesan tas jenis orion trex dengan bukaan kamera dibelah pada bagian bawah. Harganya tidak kurang dari Rp 200 ribu. Ku kontak si pembuat dan menanyakan harga serta kemana uang harus ditransfer. Meskipun belum mengenal di pembuat, aku nekad. Modalnya, kepercayaan. Sehari setelah uang ditransfer, barang pun datang dengan kondisi yang bagus. Aku pun memesannya tas model lain di kemudian hari.

Sejak itu, aku merasa menemukan cara belanja menyenangkan. Karena dengan tidak datang ke toko, aku tidak akan menghamburkan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Barang yang aku beli benar-benar barang yang ku butuhkan.

Beberapa bulan kemudian, aku membutuhkan sebuah komputer jinjing untuk kebutuhan mobile. Aku mencari model yang simple dan ukurannya tidak lebih dari 10 inchi. Awalnya, aku mengincar Dell. Ku cek di www.bhineka.com harganya tidak lebih dari Rp 5 juta. Penasaran dengan barangnya, kuputuskan membeli langsung di toko situs tersebut di Jln. Gunung Sahari, Jakarta. Keputusanku berubah ketika ternyata Dell yang ku cari telah habis. Aku pun membeli Lenovo S10 dengan harga yang lebih tinggi Rp 5,8 Juta.

Keranjinganku akan belanja online semakin menjadi. Setiap hari aku mengecek situs-situs yang memungkinkan bisa memenuhi kebutuhanku. Apalagi sekarang banyak juga yang membuka dalam Facebook. Aku pun selalu menerima tawaran pertemanan dari pedagang online tersebut. Terakhir, aku memesan empat kerudung setelah memesan secara online. Hasilnya memuaskan. Seperti kata seorang teman di Facebook, kejujuran dan kepercayaan adalah kunci penting dalam sebuah usaha jual beli.®

Advertisements

4 thoughts on “Belanja Online? Ayo!!!

  1. dewi153 says:

    kan bisa pake blog oge…tinggal fotoan produkna, trus kasih tau hargana, sekalian spesifikasi produk, tong poho kumaha cara pembayaran jeung ongkos kirimna…tingali weh dina FB ge banyak yg jualan kok..teu kudu boga kios ato toko kan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s