Selalu Ditipu, Pakai Omprengan Aja!


Saat berkampanye, janji-janji muluk murah ditebar oleh para calon. Setelah terpilih, janji itu mahal ditepati. Sebelum mendapatkan calon, partai politik itu sering kena tipu. Lalu, apakah karena sering kena tipu, makanya parpol seolah-olah balas dendam dengan sering menipu rakyat. Hmmm, jadi ingat ucapan petinggi parpol tadi pagi, “Ternyata bakal calon bupati AS teh kitu nya. Padahal udah dideketin eh, dia seperti sudah di atas awan. Mencuekkan kita.”

Usut punya usut, ini bukan kali pertama petinggi parpol itu ditipu bakal calon kepala daerahnya. Dia sudah rajin mendekati banyak bakal calon. Kepada mereka, diiklankannya kelebihan parpolnya sehingga layak ditumpangi. Agar parpolnya tidak disalahgunakan, parpol pun mematok kriteria tertentu. Tapi, kalau sudah mentok tak ada calon, ketimbang jadi penonton, penumpang yang mana saja diperbolehkan naik.

Rasanya tidak salah jika partai politik saat pilkada, dalam pandanganku, tidak ada bedanya dengan angkutan kota. Mereka harus pintar berjanji kepada calon penumpang, bisa memberikan pelayanan maksimal hingga penumpang tiba selamat dan tepat waktu di tempat tujuan. Mereka pun harus siap-siap kecewa ketika calon penumpang memilih angkutan yang lain.

Layaknya angkutan, ada angkutan yang terdaftar di organda dengan tarif sesuai peraturan, ada juga angkutan omprengan yang pasang tarif sekenanya dengan janji “murah, cepat, tapi tak jamin selamat”, he he!

Calon penumpang pun kelakuannya kadang tidak ada bedanya. Demi mendapatkan angkutan yang “nyaman” tapi ogah keluar kocek besar, seperti omprengan, mereka menerobos hingga ke organda. Kepada sopir angkutan, mereka bilang, ongkos sudah dibayar pada organda, “sesuai tarif”, tapi kenyataannya sama, Gombal!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s