Ngarep-Ngarep Gegeden


Siang tadi, warga Kampung Cicangor Desa Kutamaneuh Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, begitu sibuk. Ada yang mengeringkan pakaian dan kasur, ada pula yang menyedot air dengan pompa agar air yang semalam datang dari sungai bercampur lumpur itu segera surut. Tiba-tiba aktivitas mereka terhenti begitu seorang warga mengabarkan bahwa wakil bupati Karawang akan segera datang mengunjungi mereka.

Rona bahagia tampak di wajah mereka. Ada kebanggaan dari tawa mereka karena kepala daerah yang mereka pilih ternyata masih sudi datang ke tempat nun jauh di gunung guna melihat keadaan rakyatnya yang tengah kabancen itu. Mereka pun menyegerakan bebenah agar bisa lama-lama berkeluh kesah kepada pemimpinnya itu.

Namun, hingga tengah hari gegeden yang ditunggu itu tidak jua datang. Rona bahagia berubah menjadi riak keresahan. Harapan yang semula ada pun hilang. “Kami tidak terlalu banyak berharap dengan bantuan dari pemerintah. Tapi kami mah kepengin dilongok sama gegeden,” celetuk seorang warga.

Ternyata setelah lama ditunggu di lokasi banjir bandang Kampung Cinangor Desa Kutamaneuh, rombongan itu tidak kunjung tiba. Usut punya usut, kendaraan yang ditumpangi wakil bupati beserta rombongannya itu tidak sanggup menembus tanjakan dan turunan jalan yang terjal penuh bebatuan. Laju mereka terhenti di Desa Kutalanggeng.

Bantuan dari gegeden lebih berarti bagi mereka jika sang pemberi juga datang. Sederhana, mereka dapat mengucapkan terima kasih secara langsung kepada si pemberi. Kalau acara ngarep-ngarep gegeden itu batal bisa-bisa rakyat sudah tak percaya lagi pada gegedennya.*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s