Bahagia, Antijantungan


*Dari Majalah TEMPO

Sisihkan waktu sesaat setiap hari untuk merasa senang atau bahagia. Langkah sederhana ini bisa menjaga jantung tetap sehat. Para peneliti dari Pusat Kesehatan Universitas Columbia membuktikannya melalui pengamatan terhadap 1.739 orang dewasa di Nova Scotia, Kanada, selama 10 tahun, seperti dipublikasikan di Europian Heart Journal, Februari 2010.

Awalnya, kadar emosi para peserta diukur dalam skala, baik emosi negative seperti perasaan bermusuhan, khawatir, maupun yang positif misalnya perasaan senang, bersemangat, dan puas. Kadar emosi itu kemudian dikaitkan dengan risiko serangan jantung.

Setelah satu dekade pengamatan, responden yang kebahagiaannya tinggi tercatat memiliki risiko “jantungan” lebih rendah 22 persen dibanding yang emosi negatifnya dominan. Hampir tidak ada orang bahagia dari 145 orang responden yang diindikasikan terkena serangan jantung.

Menurut kepala peneliti Karina W. Davidson, orang bahagia cenderung memiliki pola hidup sehat seperti rutin berolah raga, makan, dan istirahat berkualitas, serta tidak merokok. Ada juga kemungkinan lain, kebahagiaan mendorong perubahan kimiawi yang positif—seperti pengurangan hormon seks—yang baik untuk kesehatan jantung.

Apa pun kemungkinannya itu, Davidson mengimbau perlunya mencoba berbahagia. “Merasa senang beberapa saat setiap hari bagus untuk kesehatan fisik dan mental,” kata dia. Menurut Davidson lagi, waktu merasa senang dan bahagia itu sedikitnya 15-20 menit setiap hari. Caranya? Ya, tergantung Anda.*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s