Dicengkeram Jin???


Tiga hari terakhir ini, kakiku lebam-lebam. Tercatat empat lebam pada bagian bawah betis sebelah kanan. Awalnya berwarna merah muda, tapi lama-kelamaan warnanya semakin menua. Sebelum berwarna, sering terasa gatal, namun setelahnya memerah, gatal itu hilang.

Aku kira, itu karena air tanah yang bersumber dari sawah dan irigasi. Ditambah, sawah di dekat rumah jelang panen, sehingga banyak serangga pembawa gatal berkeliaran. Dugaan itu didukung omongan tetangga, yang juga sering gatal-gatal akibat kupu-kupu tanah yang berwarna putih masuk ke rumah. Pada sayap kupu-kupu itu ada serbuk yang bisa menyebabkan gatal bila menyentuh kulit.

Bagian tubuh yang gatal setiap selesai mandi ku taburi bedak Herocyn. Rasanya hangat. Sesaat gatal itu sirna. Aku pun menggaruk sesekali. Tapi anehnya, lebam di betisku itu tak jua hilang.

Hasil browsing di internet, ada sejenis salep untuk itu, Fuladic. Salep ini diklaim bisa menyembuhkan gatal.  Cukup dioleskan pada bagian kulit yang gatal dan akan mengering. Harganya sungguh aduhai, Rp 48 ribu. Tiga kali dipakai, lumayan, tapi lebam itu tidak hilang juga.

Temanku mengatakan lebam seperti itu dinamakan rarawit, yang diakibatkan oleh gangguan jin. Masya Allah, percaya tidak percaya. Dia mengaku pernah mengalaminya pada bagian leher. Lebam itu seperti bekas cekikan dan baru sembuh setelah diolesi gerusan daun pete. Yang lebih aneh, obat itu baru ampuh kalau si daun pete itu hasil nyolong. Tidak hanya itu. Malah ada yang menyarankan yang menggerusnya itu haruslah seorang duda. Ribet amat sih….

Tapi sebagai awalnya, aku coba mencari daun pete tanpa embel-embel nyolong ataupun duda. Semoga bisa sembuh. Doakan ya! Kalau ada saran penyembuhannya, tolong kabari.*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s