Kuningan dan Sumedang di Warung Kopi


“Akang orang mana? Sumedang atau Kuningan?” pertanyaan yang diajukan ini bukanlah rasis atau sukuisme. Tapi memang berdasarkan survey kulinerku, penjual bubur kacang plus mie rebus dan kopi biasanya berasal dari kedua daerah itu.

Awalnya, tebak-tebakan saja menanyakan asal sang pedagang. Dan jawabannya selalu antara dua daerah itu. Misalnya pedagang di warung kopi persimpangan Jomin Karawang berasal dari Sumedang. Terus di daerah Pedes berasal dari Kuningan dan yang terakhir, di Pasar Telagasari juga berasal dari Kuningan.

Bahkan di Karawang ada orang Kuningan yang memiliki lebih dari sembilan kios jualan rokok, mie rebus, dan kopi. Mungkin usaha semacam itu terlihat “kecil”, padahal kalau dilihat nilai dari satu kios lebih dari Rp 10 juta dan itu bukan uang sedikit. Selain itu, entah berapa banyak rekan sekampungnya yang tidak lagi menganggur karena diajak menjaga kios. Satu kios itu dijaga oleh 2-3 orang terbagi shift siang dan malam. Berarti setidaknya ada 30 orang asal Kuningan yang bekerja karena seorang asal Kuningan membuka usaha seperti itu.

Sebut saja namanya Ade. Menurut dia, di daerahnya sulit mendapatkan pekerjaan, sehingga kebanyakan orang asal Kuningan memutuskan merantau. Ade sempat menjadi pedagang asongan. Dari penghasilannya sedikit demi sedikit dia tabung. Setelah ditambah pinjam sana-sini, uang cukup untuk membuka kios. Satu kios dibuka, ramai, untung lalu buka kios baru. Terus seperti itu.

Tapi yang cukup melelahkan adalah kejaran trantib. Ade menyebutkan uang yang harus dikeluarkan cukup besar untuk menebus barang dagangan kalau kena razia. Padahal menurut Ade, keberadaannya itu tidak membuat daerah tampak kumuh. Dia berusaha menjaga kebersihan dan penampilan kios.

Meskipun demikian orang asal Kuningan dan Sumedang itu tidak akan menyerah dan tetap berdagang. Orang Tegal beken dengan sebutan warung nasi Tegal. Nah, warung kopi itu yang jualannya orang Sumedang dan Kuningan. He he!*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s