Semoga Selalu Bahagia, Nak!


Aku tak tahu bagaimana kabar anak yang lahir pada 7 Maret 2010 lalu ini. Namanya pun belum aku tahu. Semoga dia selalu bahagia meski terlalu banyak kekurangan fisik saat dilahirkan.

Bayi ini, awalnya, diinformasikan lahir dengan bibir sumbing. Aku pun mengejarnya hingga ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Karawang. Di ruang observasi, dia hanya ditemani sang ayah Sugianto dan kerabatnya. Ibunya Anita, masih terkulai lemah di Dusun Cisoma RT 08 RW 03 Desa Tambaksari Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu seakan dibebani penderitaan yang lengkap saat dilahirkan. Bibirnya sumbing, lahir dengan berat badan di bawah berat bayi pada umumnya, serta volume kepala yang jauh lebih besar dari badannya.

Anita dan Sugianto hanya memberikan sang bayi yang belum dinamai itu susu tambahan. Sang bayi tidak dapat mencerna air susu ibu (ASI). “Setiap disusui, air susu itu keluar lewat hidung. Jadi menurut saran bidan, lebih baik disuapi saja dengan air susu tambahan,” kata Sugianto.

Saat dilahirkan, berat badannya hanya 1,5 kilogram. Jauh dari berat badan bayi pada umumnya. Saat usianya dua hari, sang bayi diperiksakan oleh Kepala Puskesmas Tirtajaya dr. Dwi Susilo. Menurut Dwi, anak Sugianto mengalami kelainan pada bibir, berat badan dan ubun-ubunnya. “Anak saya oleh dokter puskesmas diduga mengalami gejala Hidrosephalus,” ucap Sugianto.

Sugianto tidak pernah menyangka anaknya akan dilahirkan dengan banyak kekurangan. Menurut dia, saat kandungan berusia satu bulan, istrinya pernah sakit mag dan typhus.  Selain itu, Anita juga terbilang jarang memeriksakan kandungannya. Hanya sekali, seingat Sugianto, Anita sempat memeriksakan kandungannya ke bidan desa. “Setelah itu, tidak pernah periksa lagi sampai anak lahir,” kata dia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s