Ingin Anak Lebih Tinggi?


Berniat menikah dan memiliki anak, banyak yang menginginkan anaknya bisa tumbuh dengan badan yang tinggi. Nah, banyak juga ilmuwan yang meneliti kemungkinan memiliki anak bertubuh tinggi, meski orang tuanya kurang tinggi.

Studi terbaru di Polandia, sebanyak 2.675 anak laki-laki dan 2.603 anak perempuan, tinggi badannya diasumsikan terkait dengan kondisi alam dan konsumi makanan. Penelitian tersebut membandingkan tinggi badan anak dan orang tuanya dengan pendapatan keluarga.

Banyak orang tua yang beranggapan nutrisi turut berpengaruh terhadap perkembangan tinggi badan anaknya. Bagaimanapun para ilmuwan menemukan bahwa pasangan orang tua yang lahir di daerah dengan kondisi geografis yang sama sering menghasilkan anak yang kurang tinggi (*maksud lo?). Dan pasangan orang tua dari lokasi yang berbeda berpeluang memiliki anak yang bertubuh tinggi (*awas kalo salah).

Menurut Kepala Peneliti Institut Antropologi di Akademi Keilmuwan Polandia, Dariusz Danel, hal itu berkaitan dengan genetika alam semesta (*apa lagi nih?). Bukti-bukti menunjukkan pernikahan dari pasangan yang berbeda lokasi, memberi perbedaan ketinggian hingga 20% untuk anak laki-laki dan 14% untuk anak perempuan. Anak laki-laki memiliki efek kecenderungan berkembang lebih cepat dan lama untuk pertumbuhan badannya. Efek ini dapat dilihat dalam 3 tahapan periode perkembangan, antara umur 6 tahun sampai dengan 18 tahun.

Mungkin kita akan bertanya, apa hubungannya tinggi badan dengan kondisi alam. Mudah menjawabnya dengan melihat keindahan dari proses evolusi. Evolusi manusia, generasi kita memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal adaptasi dengan lingkungan sekitarnya seperti manusia-manusia dari wilayah dengan kondisi geografis yang sama akan serupa meskipun tidak dari generasi yang sama.

Nah jika kita memiliki orang tua dari belahan dunia yang berbeda, kemungkinan besar akan ada variasi genetika yang berbeda dari keduanya. Ketika dua variasi ini digabungkan, juga akan meningkatkan kemampuan adaptasi anak-anaknya. Ketika badan bergerak efisien, energi akan disimpan untuk pertumbuhan. ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s