Sudah Tercemar


Ga mudah memotret perkawinan di kampung orang. Apalagi untuk kepentingan liputan. Padahal gratis.

Ada ketakutan bertemu wartawan. Takut dimintai uang. Takut diberitakan yang macam-macam. Yang negatif.

Ini pengalaman saya meliput pernikahan adat Sunda di #Ciamis. Pemangku hajat pasti kaget melihat orang yang tak dikenal ke hajatannya. Semua mata langsung tertuju pada kami yang datang dengan mobil berpelat D.

Kami diantar orang asli daerah Ciamis. Tapi itu tidak menjamin kemudahan izin meliput. Banyak pertanyaan yang diajukan.

Pemangku hajat dengan alasan “keamanan” meminta kami mengajukan izin meliput mulai dari RT, RW, Desa, Koramil, sampai Polres. Betapa ribetnya. Padahal saya hanya memotret bagian-bagian tertentu dari prosesi pernikahan.

Sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan kami, pemangku hajat memberikan sejumlah nomor “pejabat” yang bisa dihubungi. “Pejabat” itu tak mengangkat telfon. Mungkin karena tidak dikenal.

Usai wawancara, keraguan kembali dipertanyakan. Kertas semacam surat izin, bila ada, dimintai. Kalau pun tak ada, saya harus memperlihatkan bukti kalau saya adalah wartawan “baik-baik” dan tidak bermaksud meminta uang di acara hajatan itu.

Jika permasalahannya uang, saya bisa menyisipkan uang “nyecep”. Tapi bukan itu permasalahannya. Ini masalah ketakutan. Masalah ketidakpercayaan.

Kartu pengenal dari kantor yang saya perlihatkan sepertinya tidak menghapus keraguan mereka. Tetap ditanya, foto apa yang akan diambil. Hariwangnya, foto saya bisa disegel kalau mereka merasa keberatan atas hasilnya.

Guide kami, Kuwu Diding bilang, banyak yang mengaku wartawan datang ke acara-acara yang berbau uang. Mereka menebar ancaman akan membuka aib atau kesalahan acara itu. Tentu, mereka takut.

Akibatnya, kami-kami yang datang jauh-jauh hampir diusir. Saat itu sepertinya di dahi kami tertempel tulisan “Rupiah”, he he..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s