Gajah di Pelupuk Mata Memang Seperti “Cileuh”


Barusan saya baru menerima pesan di blackberry messenger yang menyebarkan semacam petisi untuk memberikan dukungan bagi kaum muslim Rohingya di Myanmar. Lepas dari kita sebagai muslim atau tidak, pembantaian terhadap umat manusia mesti dihentikan. Pemerintah kita juga kan berkali-kali berkoar seperti itu. Bahkan sang presiden turut bersuara. Namun, apa hal serupa diteriakkan ketikan terjadi hal serupa di negeri sendiri. Ketika aparat penegak hukum yang mestinya melindungi justru menebar teror dan peluru.

Kemarin, saya sempat melihat gambar seorang anak yang tertembak bagian kepalanya oleh aparat penegak hukum kita saat ada bentrokan di Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Mungkinkah tindakan pemerintah seramai protes pada Myanmar atau hanya menyalahkan personel yang menebarkan peluru?

Saya membaca linimasa tentang bentrokan itu. Dalam beberapa kicauan, dikatakan warga bukan hendak menyerbu aparat yang datang. Mereka ingin mempertanyakan maksud kedatangan aparat tersebut ke kampung mereka. Namun, rupanya itu dianggap serbuan dan aparat lalu menghamburkan pelurunya ke arah warga. Tercatat lima orang terluka. Satu anak berusia 12 tahun, Angga tewas tertembak di bagian kepala sepulang bermain play station. Itukah standar operasi dari aparat kita?

Yang saya tahu dari tontonan di tv, seharusnya aparat memberikan tembakan peringatan kalau memang kedatangan warga itu dianggap ancaman. Ujung-ujungnya nanti yang diributkan kapabilitas aparat memanggul senjata. Lalu, akan ada lagi psikotes untuk menentukan layak tidaknya seorang aparat dibekali senjata. Kemudian, selesaikah masalah sengketa di Ogan Ilir? Saya masih penasaran dengan langkah pemerintah selanjutnya. Kita tunggu sama-sama cerita versi pemerintah dan apa langkah yang akan mereka tempuh. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s