Pake Catutan Aje Dehhhh!


Seorang kawan yang baru melahirkan berkisah soal ribetnya mengurus akte kelahiran. Sesuai peraturan pemerintah gratis. Itu katanya. Urus sendiri karena gratis artinya siap-siap capek hati.

Suami si kawan penasaran untuk ikuti prosedur resmi. Datanglah ia ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Persyaratan sudah lengkap. Surat nikah, kartu keluarga, kartu tanda penduduk orang tua, dan surat keterangan lahir. Asli dan salinannya tersusun rapi di dalam map. Namun, ia menelan pil pahit. Alur birokrasi yang ditempuh pabaliut.

Contohnya, kawan saya harus melampirkan saksi kelahiran. Bukankah bila lahir di rumah sakit, klinik, atau bidan sudah cukup dengan surat keterangan lahir dari tempat si bayi lahir. Kalau ingin cepat, mereka menawarkan saksi dari pihak mereka. Dengan harga tertentu katanya. Malahan ada pula, kata si kawan, yang ditanyai sampai ke akte lahir si orang tua bahkan anak-anak sebelumnya. Apapun lah ditanya supaya jadi duit pan!

Saya dan suami termasuk tipe orang yang ogah ribet. Awalnya sih, kami tanya ke pihak kecamatan prosedur resmi seperti apa dan butuh waktu berapa lama. Mereka menjelaskan prosedur yang harus ditempuh. Namun, soal waktu, mereka tampak bingung. Singkat kata, mereka memberikan satu nama yang bisa mengurus cepat akte kelahiran.

Sebut saja namanya Dorce. Kontaknya diberikan petugas kecamatan itu. Suami pun langsung menghubunginya. Dia kira Dorce itu petugas kecamatan atau desa. Ternyata perantara, makelar, alias calo.

Janji temu pun dibuat. Dari pertemuan itu terbit harga sebagai upah lelah bolak-balik ke instansi terkait. Suami saya bersedia bayar lebih tinggi asal lebih cepat. Plus dibayar kalau akte sudah jadi. Harganya kurang dari Rp 200 ribu. Perjanjian awal, rampung dalam sebulan. Kurang dari sebulan Dorce menghubungi dan mengatakan tak mungkin kelar dalam sebulan. "Dua bulan, beres," janjinya.

Ternyata kurang dari dua bulan akte kelahiran beres. Benar banget tagline tak ada yang gratis. Toh, ke toilet aja bayar. Kepakse deh pake catutan makkkkkk!***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s