Narsumku Bukan Dosen Pembimbingku


Kalau ketemu nara sumber yang menyenangkan saat diwawancara, pastilah hati bahagia. Apalagi kalau yang sudah terbiasa diwawancara. Kalimat-kalimat yang meluncur dari mulutnya mengalir dengan lancar.

Beda kalau bertemu dengan nara sumber yang pelit jawaban. Tipe 1 nara sumber seperti ini, pertanyaan sebaris, dijawabnya sebaris pula. Bikin saya senewen di depan layar komputer nantinya.

Tapi ada pula yang asyik memberikan jawaban. Ini tipe narsum yang kedua. Setiap pertanyaan saya, dijawab dengan tuntas. Bahkan bisa bikin jempol saya kapalan mengetiknya di atas keypad ponsel. Tapi yang penting bahan bejibun dan gak bikin saya mati gaya karena halaman gak penuh-penuh.

Nah yang paling ajaib tipe narsum yang ketiga. Buat saya tipe nara sumber ini ibarat naik roller coaster, lalu pas mau akhir, relnya putus. Terjun bebas deh. Nara sumber macam ini lebih mirip dosen pembimbing. Jadi setelah naskah dibuat, saya mesti setorkan tulisan saya itu kepadanya. “Saya khawatir kalau ada perbedaan persepsi dari jawaban saya dengan yang Anda tulis.” (hmm, bener-bener berasa jadi wartawan kemarin sore deh)

Pernah saya diteror habis-habisan dengan pesan singkat dan blackberry messenger. Dia menanyakan alasan dia belum terima email tulisan saya. Untuk meredam teror, saya kirim email saya di detik-detik terakhir tulisan masuk mesin percetakan. Ada juga yang gak biasa pakai email. Dia minta dikirim ke asistennya untuk dicetak. “Kalau di kertas kan enak mencoret-coretnya.” (*saya langsung pengen teriak, BLAZER dimana BLAZER!!!)

Buat saya, tulisan saya hanya berhak diedit oleh atasan saya. Tetapi mungkin mereka penasaran akan jadi apa yang dia bicarakan itu. Bisa jadi, nara sumber ini malah jadi fans yang selalu setia menunggu tulisan saya terbit untuk dibacanya. Halah (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s