Panggil Saya Tanteu


Uang banyak ternyata gak selalu bikin kita dipatuhi banyak orang. Buktinya, seorang nenek sering ditolak saat naik angkot. Padahal ia berjanji akan membayar dua kali lipat dari ongkos pada umumnya. Tapi, si sopir selalu menolak.

Saya:Kenapa ditolak Pa? Kan lumayan harga BBM naik, ada yang mau bayar dua kali lipat.

Sopir: Ah mending ditolak aja. Kasian penumpang yang lain.

Konon si nenek ini biasanya naik angkot di halteu depan Polsek Sukajadi (sebelah Paris van Java). Dia nanti turun di panti jompo, Lembang (depan Polsek Lembang). Penampilannya gak kayak nenek-nenek biasa. Setelannya keren pokoknya. Dia pakai celana jeans sontog. Atasannya pake kaos dibalut vest, serasi dengan topinya yang juga berbahan denim. Kedua tangannya angkaribung dengan kantong keresek. Isinya, entah apa.

Si sopir sudah mewanti-wanti kernet, untuk bilang angkot penuh. Sayangnya, tiga orang penumpang yang turun ternyata memberikan ongkos dengan uang lembaran nominal cukup besar. Maka, lama pula si sopir mengembalikannya. Dan si nenek pun bergegas menghampiri angkot sambil teriak, “Saya bayar 10 ribu!”

Rayuan si nenek tidak mempan. Si sopir tetap melajukan kendaraannya. Lalu dia nyerocos,”Kalau di angkot, si nenek selalu mengganggu penumpang lain. Kalau dipanggil nenek atau ibu, dia pasti marah dan menyuruh penumpang memanggilnya tanteu. Dari pada penumpang saya gak nyaman, mending gak usah diangkut.”

Bisa dibayangin ya, pas dia ngomelin penumpang lain saat dipanggil nenek atau ibu. “Tanteu! Bukan nenek!”

Betul juga sih. Sudah jelas fisik angkot di Bandung tidak nyaman seperti jalanannya plus kemacetannya. Kalau ditambah penumpang seperti si nenek, pasti tambah rudet. Tapi kalau tidak ada yang narik, kasihan juga. Namanya juga nenek-nenek, kudu banyak dimaklum. Hhmmm, tapi saya percaya, seseorang sopir angkot lainnya, pasti akan membiarkannya menumpang, dengan segala risikonya, he he.. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s