Penumpang Bumi


Semalam, saya mengulang baca novel “Partikel”-nya Dewi Lestari. Saya suka dengan kalimat, kita ini hanya penumpang di alam semesta ini.

Ya, saya suka kalimat itu karena mengingatkan supaya manusia tidak sombong. Manusia hanya bagian kecil dari bumi ini. Jika masa sewanya sebagai penumpang sudah habis, maka dienyahkanlah dia dari bumi ini.

Kalimat itu menggambarkan kekaguman Zarah, peran sentris di novel itu, atas ciptaan Tuhan. Saat itu, ia sedang berada di telaga di Afrika, mengambil gambar sekumpulan hewan buas yang kehausan. Zarah hanya beberapa meter jaraknya dari kawanan singa yang tengah minum. Ia sadar betul, jika satu langkah saja keberadaannya diketahui, maka ia akan pulang hanya tinggal nama dan badan penuh cabikan.

Saat ia berada di dalam air dan hanya kepalanya dengan lensa yang muncul ke permukaan, Zarah sadar betul manusia memang hanya bagian kecil dari bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan, hanya penumpang di bumi ini. Ya, hanya penumpang.

Tapi sayangnya, banyak yang tidak sadar dengan itu semua. Mereka lebih sombong karena harta berlimpah yang sebenarnya hanya pinjaman. Perhiasan, uang, bahkan anak pun adalah titipan. Jika kita tidak mampu mengurusnya, maka sang Pemilik bisa dengan mudah mengambilnya.

Sesama penumpang pun tak segan saling menyakiti. Tak hanya perbuatan, ucapan lebih sering menyakitkan. Mungkin, mereka juga tak sadar hak mereka di bumi ini hanya sebagai penyewa.

Saya tak punya harta, sehingga tidak ada yang perlu disombongkan. Toh, saya juga sebagai penumpang tak tahu kapan masa saya habis. Semua hanya Sang Pemilik bumi ini yang menentukan. Semoga segala yang kita miliki ini tetap membuat kita jadi orang yang sederhana. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s