Lupa Demo


Kemarin siang, saya mengkhususkan hari untuk mengganti lensa kaca mata. Tangkai kaca mata merah saya dipatahkan Kinan. Seharian, saya menonton televisi dan membaca dengan samar-samar.

Si Abah mengantarkan saya menggunakan rute Lembang-Punclut-Ciumbuleuit, jalut tercepat ke Jln. ABC, pikir kami saat itu. Tiba di Jln. Wastukencana, kami disambut macet yang dibalut terik matahari. Ah, saya salah pilih jaket pula. Dikira akan hujan, saya mengenakan jaket yang tebal.

Tiap hari Bandung memang selalu macet, tapi Si Abah lupa kalau hari itu buruh tengah berunjuk rasa di balai kota Pemkot Bandung. Tuntutannya tidak jauh dari kenaikan upah. Saya dan Abah pun membahas aksi para buruh di tengah macet Jln. Viaduct. Satu pertanyaan besar, kenapa mereka menggantungkan upah dari perusahaan tempat mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka?

Mungkin pemikiran saya ini akan dikritik habis-habisan oleh para buruh. Saya pun termasuk buruh kok. Tapi ini pemikiran saya. Buat saya pribadi, gaji besar selalu habis. Namun bersyukur gaji kecil pun cukup. Alias dicukup-cukupin.

Yang tidak habis saya pikir, kenapa tak berpikir wirausaha sebagai penghasilan kedua. Tidak ada modal? Modal tidak selalu jadi masalah utama kok. Yang terpenting kemauan.

Banyak yang menganggap pekerjaan seperti saya ini gajinya besar. Dapat amplop dari sana-sini. Kalau demikian, kenapa di antara kami masih ada juga yang jualan baju, makanan, camilan, yoghurt, hewan ternak, bahkan pulsa. Saya kira ini bagian usaha kami memenuhi kebutuhan sambil menunggu gaji terus naik. *Ngarep*

Kembali ke soal aksi buruh, mungkin ini cara mereka menuntut haknya. Namun lebih elok bila tak sampai merugikan pihak lain. Meski sesama buruh, jujur, empati saya terus berkurang dengan aksi mereka. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s