Dosa Liputan Jokowi


Sebenarnya saya paling malas liputan Presiden. Dipastikan banyak tetek bengek bin rese. Tapi, kalau sudah tugas, ya, kudu dilakoni.

Dua hari sebelum kedatangan Jokowi ke Bandung, saya dikirimi email dari humas Telkom University, Teh Risca. Dalam email itu, saya diminta mengirim scanning kartu pers, bila saya ingin meliput Jokowi. Disisipkan juga jadwal kegiatan Jokowi selama di Bandung.

Malam sebelum kedatangan Jokowi, saya tanya pada redaktur apakah saya kena penugasan atau tidak. Ternyata, sejumlah pewarta di kantor saya terlambat mendaftar ke Komando Distrik Militer atau Kodim. Saya yang kebagian kartu liputan presiden, mau tak mau, suka tak suka harus pergi.

Jadwal Jokowi melongok Bandung Techno Park Telkom University itu jam 2 siang. Tapi lokasi harus steril dari jam 11. Artinya, saya harus sudah ada di lokasi sebelum jam 11.

Baiklah, saya bekal nasi bungkus dan memesan ojek agar tiba lebih cepat.
Yes, saya tiba jam 10 lebih 15 menit. Pengamanan masih biasa-biasa. Saya putuskan brunch dulu.

Hingga jam 1, ternyata jadwal Jokowi molor. Sempat beredar kabar, batal. Bikin drop semangat. Ada yang kabari, jadi. Tapi semangat sudah kadung drop.

Jokowi akhirnya datang. Jam 4 lebih 30 menit. Setelah kami melewatkan makan siang dan solat dhuhur. Semangat kami drop di level terendah ketika paspampres yang terhormat mengatakan, “Bapak Presiden tidak akan speech atau memberi arahan. Setelah melihat mesin penghancur sampah, langsung ke pergi”.

Duh, inikah balasan karena kami melalaikan menjaga badan kami dengan melewatkan waktu makan siang. Inikah ganjaran bagi orang yang menunda-nunda solat.
Kali itu, saya hanya menggerutu dengan bilang manusia hanya bisa merencanakan dan paspampreslah yang menentukan!

Namun, Jokowi yang lelah juga mengerti kelelahan kami. Di kerut wajahnya letih, dia masih menyempatkan menjawab pertanyaan para pewarta. Saat itulah, kami memandang paspampres dengan sorot mata yang artinya, “lo aja keles yang rese!”.(*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s