Ambu, Kok Gitu sih?


“Ambu mah jangan marah” atau “Kok Ambu gitu?”, adalah dua kalimat yang sebenernya gak baru di telinga saya. Tapi, kalau orang lain yang denger, enggak bakalan percaya kalau itu keluar dari mulut anak saya yang usianya belum genap tiga tahun.

Kinanti, anak pertama saya memang punya perbendaharaan kata yang cukup banyak dari usianya. Anak ini terbilang cepat mencerna kalimat yang diucapkan orang dewasa. Bahkan implementasinya terkadang di tempat yang tidak kita duga.

Dua kalimat itu dia ucapkan ketika saya agak keras berbicara padanya sebelum tidur. Bayangkan, ini sudah jam 11 malem dan dia masih melek aja. Sementara badan saya sudah lelah. Ditambah lagi esok harinya harus berangkat lebih pagi dari biasanya.

Sejujurnya saya tidak marah. Hanya, lebih keras intonasinya dari biasanya. Mungkin karena lelah itu.

Kinanti memang mempunyai daftar panjang standar operasional sebelum tidur. Saya sebutin, nih, satu-satu.

nyalain kipas; padahal sekarang tuh lumayan dingin karena hujan turun hampir tiap hari.
bikin susu kuda; ini bahasa gaul kami untuk susu Lactogen 3 yang biasa dia minum pake dot
bantal doraemon; gak tau kenapa, dia selalu ribut dengan bantal ini. Ternyata selain sarungnya bermotif Doraemon, terkadang di dalamnya ada aneka barang yang dimasukkan Kinan. Mirip lah dengan kantung Doraemon
usap perut; Kinan selalu memakai alasan sakit perut ketika ditegur karena mempermainkan adiknya atau disuruh berbuat sesuatu. Mendadak dia meringis sehingga saya kadang bingung, apa dia sakit betulan atau tidak.
Garuk punggung dan telapak kaki; penyakit ini sungguh akut. Karena selalu ada tiap malam menjelang tidur.
minta nenen; nah, yang terakhir ini kebiasaan baru. Padahal dulu dia ogah untuk yang satu ini.
Tapi, namanya juga anak kecil. Mau ditegur seperti apa pun, awalnya menurut, tapi beberapa saat, ya, diulang lagi. (x_x)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s