Anda Bukan Robot, loh!


Kapan saya sakit?

Pertanyaan itu bukan berarti saya hendak menantang kekuasaan Tuhan atau mengetes kondisi tubuh saya.  Tapi untuk pekerja macam saya ini,  sakit pun tidak memberikan saya luang untuk istirahat.

Sering saya berpikir,  sepadankah apa yang saya dapatkan dari pekerjaan ini dengan apa yang saya korbankan.  Ya,  saya sedang galau dengan keruwetan dalam pekerjaan.  Terlalu banyak pihak yang harus dibahagiakan.  Sementara kemampuan kita,  ya,  segini-gini aja.

Pernah berniat alih profesi?  Sering!  Tapi untuk alih profesi,  kenekatan bukan satu-satunya modal.  Banyak perhitungan.  Di antaranya,  soal keterampilan kalau memang saya ingin berwirausaha.

Lalu,  wirausaha apa yang saya minat?  Sebenarnya,  ini hanya bentuk hobi yang tertunda karena waktu tersita pekerjaan kuli saya sekarang.  Ada baiknya sebuah wirausaha tidak membuat kita meninggalkan pekerjaan pokok kita.  Biarlah ceritanya pekerjaan sampingan,  tetapi pendapatannya gedongan,  he..he..!

Bagaimana pun saya harus selalu bersyukur dengan pekerjaan yang saya lakoni sekarang.  Kalau saya kerja kantoran yang office hour,  mana bisa berangkat kerja setelah urusan anak-anak selesai.  Bisa-bisa,  tiap bulan gaji saya kena potongan karena selalu terlambat masuk kantor. 

Bekerja seperti sekarang,  malah mungkin bisa membuat saya memilih waktu untuk istirahat.  Karena di lain waktu,  saat yang seharusnya untuk libur,  malah dipakai kerja sampai seharian. 

Pekerjaan saya sekarang atau pekerjaan apa pun tidak selayaknya mengandalkan orang lain.  Baik partner kerja,  atau atasan sekali pun.  Kewajiban kita,  ya,  kita yang harus lakukan.

Meski demikian,  jangan terlalu serakah dengan pekerjaan. Seringkali kita tidak memperhatikan sinyal tubuh.  Asyik dengan pekerjaan,  tidak sadar tubuh perlu rehat.  Tapi,  ya,  untuk ibu-ibu pekerja macam saya,  sekalipun sibuk,  tak lupa dengan kebutuhan tubuh.  Jadi diusahakan jangan sakit.  Karena sekali lagi,  tidak bisa mengandalkan orang lain.  Jadi,  ibu-ibu pekerja,  sudahkah sarapan pagi ini?  (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s