Si Nikon yang Bikin Ngiler


Kalau lagi iseng dan enggak ada kerjaan, saya biasanya enggak jauh dari browsing, googling, atau youtubing. Akibatnya, saya jadi ngiler untuk dapetin kamera mirrorless dari Nikon.

Kenapa Nikon?

Kamera pocket pertama yang saya miliki adalah Canon. Tapi kamera SLR pertama yang saya miliki itu Nikon. Seperti ada keterikatan batin yang sulit lepas, saya tak bisa beralih dari Nikon. Dikasih pakai Canon, pasti gagap.

Nah, kamera mirrorless yang saya taksir tapi belum diniatin untuk dibeli itu Nikon 1 J1. Kamera tipe hybrid ini memang keren. Kecil dan ringkas, serta enggak bakal bikin urat di leher dan bahu kejepit.

Spesifikasi apa saja yang terdapat pada kamera tersebut? Apa saja kelebihan kamera ini? Mari kita simak bersama hasil googling saya ini.

Nikon 1 J1 itu kamera hybrid pertama NIkon yang diperkaya dengan fitur-fitur menarik. Salah satunya adalah penggunaan lensa terbaru dari Nikon CX-mount yang telah dilengkapi dengan feature crop factor 2.7X dan image stabilization. Nikon 1 J1 menggunakan sensor CMOS yang memiliki kemampuan ‘high speed’ dengan resolusi 10 megapixel.

Nikon 1 J1 menggunakan hybrid auto focus (AF) system yang menunjang kecepatan pemotretan dan mampu menangkap hingga 73-point saat pengambilan gambar. Anda dapat mengatur ISO di kamera ini dari 100 – 3200. Untuk feature mode pemotretran, terdapat salah satu feature mode yang cukup unik, yaitu Smart Photo Selector. Mode ini mampu mengambil 20 gambar pada 30 frame per detik. Dari semua gambar tersebut, dia dapat menyimpan 5 gambar terbaik.

Penggunaan LCD berukuran 3 inci yang memiliki resolusi hingga 461.000 pixel, cukup membantu didalam menggunakan feature rekam video. Nikon 1 J  mampu menghasilkan video berkualitas HD 1080p dan mampu menghasilkan kualitas suara stereo dengan menggunakan codec H.264.

Untuk mendukung beragam fitur yang dimiliki oleh kamera tersebut, Nikon 1 J1 menggunakan baterai tipe EN-EL20 lithium-ion. Pada saat kondisi baterai penuh, kamera ini mampu menghasilkan gambar hingga 230 gambar. Kamera ini dikemas dengan body yang menggunakan bahan material komposit aluminium dan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti hitam, silver, putih, pink, dan merah.

Nikon 1 J1 dipasarkan sekitar pertengahan bulan Oktober 2011. Kamera ini akan dibanderol dengan harga USD 649.95 dilengkapi dengan satu buah kit lensa berukuran 10-30 mm dengan ekuivalen 27-81 mm.

Di http://id.priceprice.com/Nikon-1-J1-Kit-560/, dihargai Rp 4.330.000. Sedangkan di http://jpckemang.com dan http://tokocamzone.com barangnya sudah tidak ada. Yang terbaru malahan Nikon 1 J3 seharga Rp 4-5 jutaan.(*)

xl_Nikon-1-J3-5-624

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s