Memaknai Bandung dengan Angkot


“Ke sini pake apa? Bawa kendaraan sendiri?”
Jawaban saya cukup dengan menggeleng. Karena memang iya, pekerjaan saya yang mungkin terlihat harus bergerak cepat dengan kendaraan super ringan dibanding truk, tapi tidak tergambar dalam diri saya.

Saya ogah belajar mengendarai sepeda motor. Belajar menyetir, uang saya belum cukup untuk membelinya. Dan sejujurnya, saya amat menikmati naik kendaraan umum.
image

Buat saya, naik kendaraan umum lebih istimewa. Meski gak jarang ketemu sopir angkutan yang sontoloyo atau penumpang rese, tapi ini pengalaman petualangan jadi angkoter.

Jadi penumpang angkot di Bandung bisa mengupgrade kita pada Bandung dan cara berpikir kita. Karena jadwal kerja harian saya dalam sehari bisa mendatangi lebih dari dua titik, yang mungkin berjauhan, ya, otak saya harus bekerja cepat. Memilih rute dan angkutan terpendek.

Seperti hari ini, jam 8 pagi saya harus sudah di UNLA Jln. Karapitan dan jam 1 siang menghadiri undangan di Jln. Sangkuriang. Satu undangan terpaksa saya cancel karena badan saya tidak mungkin ada di Karapitan dan Setiabudi. Saya berpikir keras rute ke dua tempat itu tetapi masih bisa mengisi daftar hadir ke kantor.

Karena harus menggunakan angkot, peta Bandung jadi sokongan saya. Tak terhitung saya melihat peta digital untuk membantu perjalanan saya. Lama-lama saya malah menjadi fasih dengan Bandung. Saya jarang menjawab tidak tahu ketika ada yang bertanya satu spot soal Bandung.

Saya tidak peduli jika harus tersesat, karena mencoba satu kendaraan umum. Seperti kata dosen saya, malu bertanya sesat di jalan, tapi banyak nanya itu tandanya ogah mikir, he he…(*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s