Macet


Sering terjebak macet?  Kalau jawabannya tidak juga,  mungkin Anda tidak tinggal di Bandung.  Macet memang memuakkan karena menghancurkan jadwal yang sudah terencana demikian sempurna.  Berangkat 2-3 jam sebelum masa janji temu,  tetap terlambat.

Oke,  mari kita singkirkan sejenak negatifnya macet.  Iya,  iya,  saya tahu,  Anda lelah dengan  macet.  Saya juga.  Tapi mungkin setidaknya ada hal positif yang bisa dihasilkan dari macet.

Pernah saya mendengar ungkapan positif dari seorang pejabat publik,  kalau macet itu pertanda wilayah itu berkembang.  Banyak pengunjung yang memadati kota.  Ini artinya,  ekonomi terus berjalan.  Ini juga maksudnya menghasilkan uang. 

Anggap saja itu benar.  Lalu arti positif macet buat Anda itu apa?

Rektor Unisba Thaufik Boesoerie pernah bilang ke saya,  kalau macet itu jadi waktu ia menambahkan dzikirnya pada sang Pencipta.  Anda apa? Masih tetap menggerutu?

Seorang teman yang dipaksa penyakitnya hijrah menjadi pengguna angkutan umum menyebutkan macet memberi ia waktu beristirahat di sela liputan di satu tempat menuju tempat berikutnya.  Anda apa?

Kalau saya,  nih, macet kasih saya waktu nulis di blog,  kayak sekarang.  Macet juga kasih saya kesempatan  untuk menulis dari rekaman wawancara.  Kadang macet juga jadi media saya tidur siang,  walau enggak jarang tempat tujuan terlewat.

Macet itu dimana saya tetap bayar dengan tarif tetap tapi waktu tempuh lebih lama.  Atau,  saya bayar dengan tarif  normal tapi waktu tempuh lebih cepat karena si sopir angkot mencari jalan pintas. 

Macet memang bikin kezel,  tapi bisa,  kok,  bikin kita produktif.  Bukan dalam artian bisa bikin kue di jalanan.  (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s