Kencan yang Gagal


Sabtu malam lalu, seharusnya jadi tontonan bioskop pertama Kinan. Dia begitu antusias ketika dikabari bakal nonton di bioskop. Kinan memberondong Abah dan Ambu dengan pertanyaan soal bioskop. Dan kami pun sebagai orang tuanya mewanti-wanti hal yang mungkin membuatnya kaget seperti kondisi bioskop yang gelap gulita saat film akan diputar.

Empire XXI di Bandung Indah Plaza jadi pilihan. Kedekatan lokasi dengan kantor Ambu jadi pertimbangan. Seperti biasa, setelah rutinitas “Sabtu bersama Abah”, kami akan mampir ke kantor Ambu, untuk absensi.

image

Saat itu hujan. Tapi Kinan tetap semangat. Dia bahkan tidak sabar menuju bioskop. Bagi kami, usia Kinan yang baru tiga tahun, saat yang tepat memperkenalkannya pada bioskop. Wawasannya tentang perbedaan sensasi menonton di bioskop harus mulai ia rasakan.

Ambu mah baru kenal bioskop kelas 2 SMA. Kondisi keuangan orang tua tidak memungkinkan mengajak anaknya ke bioskop. Di kelas 2 itulah, Ambu sudah memiliki yang lebih untuk hiburan. Uang itu diperoleh dari keuntungan berjualan surabi di sekolah. Film yang ditonton di bioskop Kepatihan itu Titanic.

Kembali ke film perdana Kinan, ternyata kami harus kecewa. Kursi di jadwal pukul 16.50 WIB sold out. Jadwal berikutnya pukul 21.00 WIB, waktu tidur malam anak. Kami pun batal mengantar Kinan menonton film pertamanya di bioskop. Dan, kami harus bersiap manakala Kinan menagihnya.

Oh iya, film yang akan kami tonton itu adalah The Good Dinosaur. Berdasarkan beberapa review, film itu merupakan gambaran lain dunia dinosaurus. Saya mengutip dari liputan6.com.

Di film besutan Pixar itu, dikisahkan kalau dinosaurus masih utuh hingga hari ini, karena asteroid yang membuat mereka punah 65 juta tahun lalu hanya melintasi permukaan bumi tanpa menabraknya. Alhasil, dinosaurus pun memiliki peradabannya sendiri meskipun tak ada perkembangan berarti dalam hal teknologi dan sebagainya.

Kisah pun lalu berfokus pada seekor petani Apatosaurus bernama Henry yang hidup bahagia bersama istrinya, Ida. Dari situ, mereka memiliki tiga orang anak, yaitu Libby, Buck, dan Arlo.

Setelah disuguhi oleh kebahagiaan keluarga kecil itu, pikiran kita difokuskan kepada Arlo, si bungsu yang berharap bisa membuat ayahnya bangga dengan menyelesaikan tugas-tugasnya. Kegagalan yang selalu menghantui Arlo pun membuatnya merasa tak berguna di keluarga.

Beruntung, sang ayah sangat baik kepada Arlo hingga suatu ketika mereka menemukan sesosok pencuri makanan yang kabur dari rumah. Dalam melakukan pengejaran terhadap sang pencuri, sesuatu terjadi pada Arlo hingga membuatnya tersesat jauh dari rumah.

Arlo pun akhirnya menemukan teman barunya, anak manusia primitif yang ia beri nama Spot. Alhasil, Arlo pun harus menemukan jalan kembali pulang ke rumah sambil ditemani oleh Spot yang sedang hidup sendirian.

Sementara menurut CNN, The Good Dinosaur menjadi pilihan absolut bagi keluarga yang butuh tontonan bersama. Animasi terbaru dari Pixar itu meraup US$56 juta atau Rp775 miliar selama lima hari libur. Meski angka itu besar, itu masih mengecewakan bagi Pixar.

Animasi yang dirilis Pixar selalu berhasil menjadi hiburan tersukses untuk segala usia. Namun The Good Dinosaur menduduki peringkat sebagai debut paling mengecewakan ke-tiga sepanjang sejarah Pixar. Meski tidak menyebut biaya produksi, diprediksi film itu dibuat dengan US$200 juta atau Rp2,7 triliun.

Apalagi itu film yang sempat bermasalah. Penayangannya tertunda dua tahun, dan sutradara Bob Peterson ditarik dari tim produksi karena penyalahan kesepakatan kreatif. Ia akhirnya digantikan Peter Sohn.

Sayangnya, kami masih belum menonton dan masih penasaran. Di antara pembaca, ada yang sudah menonton? (AB)***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s