Akal-akalan Driver Go-Jek


Dulu Go-Jek bisa dibilang sebagai alat transportasi yang dapat diandalkan. Tidak lama setelah order, akan datang telfon konfirmasi driver akan segera menjemput. Kurang dari lima menit, driver datang menjemput.

Namun, sebulan terakhir, kenyataan yang terjadi malah berkebalikan. Konfirmasi penjemputan terkadang jauh dari kejelasan. Ancer-ancer lima menit, malah baru datang lima belas menit kemudian. Belum lagi persoalan harga yang semakin mahal dimana terakhir saya cek per kilometer dipatok harga Rp 2.000.

Dulu, ada fenomena kalau driver seakan menjemput penumpang. Sekarang terbalik, driver meminta konsumen cancel booking, tapi tetap dijemput dan diantarkan.

“Kalau order saya ambil, nanti saldo saya negatif,” itu alasannya.

Sudah dua kali saya diperlakukan demikian. Mereka tetap mengantar dan saya membayar sesuai dengan tarif yang tertera. Uang itu akan masuk ke saku mereka tanpa berbagi dengan perusahaan mitra mereka.

Driver Go-Jek yang saya tumpangi tadi menyebutkan, bila konsumen yang dilayani berjarak dekat kurang dari 8 kilometer atau setara dengan Rp 16.000, maka akan jadi negatif di sistem. Jadi itu akal-akalan driver yang nakal.

Kenakalan driver mengelabui sistem masih banyak jenisnya. Untuk menunjukkan di GPS mereka ada di tiga tempat sehingga lebih banyak order yang masuk, mereka memanfaatkan GPS bikinan seharga Rp 50.000. Ada juga yang bermain dengan sistem order. Driver menganjurkan konsumen memilih Go-Food ketimbang Go-Ride. Pasalnya, kredit dari Go-Food tiga kali dari Go-Ride. Meskipun tarif mengantarkan sama saja.

Dan, sudah tidak aneh bila menemukan driver yang menjemput tidak sama dengan yang ada di foto. Ini mirip sopir angkot aliran serep-serepan. Yang jadi masalah, kita akan kesulitan melacaknya bila ia berbuat tidak nyaman pada kita selama di perjalanan.

Namun, konsumen tetap memanfaatkan jasa transportasi online tersebut. Karena masih ada keyakinan, kalau driver seperti itu hanyalah oknum. Dan, percayalah cara mereka itu tidak akan membawa berkah. Harapan lainnya, semoga perusahaan tersebut dapat memperbaiki sistemnya dan tetap melayani dengan harga yang murah. Ngarep! (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s