Mau Enggak Berinovasi?


Tulisan ini saya buat ketika terjebak dalam liputan di wilayah perbatasan Bandung-Sumedang. Yup, liputan pemilihan Ketua IKA Unpad.
Saya lupa kalau ini Minggu karena bekerja dari jam delapan pagi sampai sekarang belum selesai kerja. Disebut lembur? Entahlah. Ha…Ha…
Kenapa pemilihan yang menghitung pembagian 1.541 suara itu begitu lama? Karena kami berasa kembali ke jaman pilkada, dong! Dimana memilih pemimpin alumni berbekalkan kertas dan paku. Tak ada acara sentuh dan colek. Padahal kita sudah terlatih dengan model sentuh dan colek itu.
Panitia beralasan, waktu pakai sistem e-voting, di pemilihan 2012, sistem sempat hang. Akibatnya, adu mulut, lah, para tim sukses. Solusinya, pemilihan dilanjutkan dengan musyawarah mufakat.
Logika saya mulai kaweur. Sejak SD, diajarkan musyawarah untuk mufakat lebih dulu. Bila tidak mufakat, baru voting. Nah ini, voting dulu baru mufakat.
Kejadian yang sama berulang. Ada selisih surat suara. Sampai 60 surat. Sedikit gaduh, dan sebelum pukul 11 malam, diputuskan sedikit berbeda dengan empat tahun lalu.

image

Saya menilai model pemilihan seperti kembali ke jaman batu. Kita yang tidak mampu mengendalikan teknologi, menyerah.
Mungkin mereka lupa bahwa yang menciptakan teknologi itu manusia. Ketika sistem lemah, bikin inovasi. Bukankah tool bikin aplikasi lebih mudah. Saya yakin pasti bisa, kok, buat aplikasi untuk basis data alumni atau pemilihan umum. Anak SMA saja mampu bikin aplikasi absensi yang hanya bisa diakses dengan wi-fi sekolah.
Saya yang orang biasa saja, bisa membayangkan apa yang harus dibuat untuk memudahkan pemilih. Kenapa tidak mencontoh voting reality show Rising Star. Ketika bicara one man one vote, enggak usah khawatir duplikasi data. Alamat IP internet itu unik. Apalagi kalau pakai ponsel, mudah didata.
Dan jangan lupa, Unpad punya Ketua MWA sekelas Rudiantara. Pasti gampang cari pembuat aplikasi andal. Soal duit, enggak ragu, pasti buanyaaakkkkk. Yang paling penting, mau enggak buat lari berinovasi dan tidak dikendalikan teknologi. Mau enggak?

*sebuah catatan dimana liputan melampaui 12 jam di hari Minggu*

Advertisements

2 thoughts on “Mau Enggak Berinovasi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s